WONG EDAN BAGU

WONG EDAN BAGU
SALAM RAHAYU kanti TEGUH SLAMET BERKAH SELALU DARI WONG EDAN BAGU UNTUK SEMUA PARA PENGUNJUNG BLOGGER PESONA JAGAT ALIET . . . _/\_

Minggu, 14 September 2014

Membedakan Pingin (Perasa’an )dan Kersaning GUSTI (Rasa)

Oleh: Wong Edan Bagu.
(PRTP)
Jakarta Jumat tgl 12 Sept 2014

Setiap manusia sarat dengan keinginan. Keinginan tersebut senantiasa ada setiap waktu. Kalau kita lihat hati kita, maka setiap saat keinginan kita terhadap ini dan itu akan terus bertambah. Manusia memang ditakdirkan menjadi makhluk yang tidak akan pernah merasa puas.

Itulah yang disebut dengan keinginan (Perasa’an). Dalam bahasa jawanya keinginan itu disebut kepingin atau biasa disingkat pingin. Pingin ini, pingin itu dan pingin banyak lagi yang lainnya. Setiap manusia pasti memiliki kepinginan.

Sementara itu, kersaning GUSTI (Rasa). Merupakan hak prerogatif dari GUSTI ALLAH. Kita tidak bisa melakukan hal yang lebih maksimal jika sudah menjadi kersaning GUSTI yang dicapai hanya segitu.

Pertanyaan yang kini muncul adalah, apakah perbedaan pingin (Perasa’an) dan kersaning GUSTI (Rasa)?  Perbeda’annya, pingin (Perasa’an) atau kepinginan itu dari setiap manusia senantiasa berada di bawah pengaruh hawa nafsu.

Sedangkan kersaning GUSTI (Rasa). Itu yang sudah dilakukan tetapi hasilnya tidak sesuai dengan yang diharapkan. Lebih jelasnya....(Rasa) Kersaning GUSTI lebih cenderung pada kepasrahan manusia setelah melakukan ikhtiar.

Namun banyak manusia yang salah mengartikan bahwa mereka tidak melakukan ikhtiar apapun, dan mengakui/menyebut hal itu sebagai kersaning GUSTI... ... He he he . . . Edan Tenan.
Muga Bermanfa’at ya lurr,,, untuk tambah-tambah wawasan. Salam Rahayu kanti Teguh Selamat Berkah Selalu.
Ttd:
Wong Edan Bagu
Putera Rama Tanah Pasundan
Jakarta Jumat tgl 12 Sept 2014
http://wongedanbagu.blogspot.com

http://putraramasejati.wordpress.com

Tidak ada komentar: