WONG EDAN BAGU

WONG EDAN BAGU
SALAM RAHAYU kanti TEGUH SLAMET BERKAH SELALU DARI WONG EDAN BAGU UNTUK SEMUA PARA PENGUNJUNG BLOGGER PESONA JAGAT ALIET . . . _/\_

Sabtu, 24 Mei 2014

TALENTA, MAKSIMALKAN KELEBIHAN (DAN KESUKSESAN) ANDA !

Talenta adalah sesuatu yang bisa anda kerjakan dengan lebih cepat, lebih baik dan lebih mudah (dibandingkan orang lain). Talenta adalah bakat, dilahirkan bersamaan dengan diri anda. Jika muka anda pas-pasan ya terimalah hal itu dengan lapang dada. Jangan pernah iri dengan teman anda yang mukanya "lady killer". Tidak ada yang bisa memilih mau dilahirkan sebagai pria atau wanita. Anda ya anda, gendut, ngentutan, gak ngrejekeni... ga urusan.... Berbahagialah anda yang berdada besar, berpantat montok dan berkulit putih. Tapi, semuanya memiliki talenta, tidak peduli muka atau status ekonomi anda. Jika anda hidup dengan talenta, maka kesuksesan dan kebahagiaan akan anda raih. Mau ?

Mengenal talenta dan kelebihan kita.
CARA MENGETAHUI TALENTA KITA:
Jika anda berkepala tiga dan bertanya dengan serius apa talenta saya, maka anda konyol. Jauh lebih konyol lagi jika status anda sudah menikah dan beranak dua. Super duper konyol lagi jika anda masih bekerja untuk bayar hutang kartu kredit. Tapi, sekalipun konyol, 80% dari kita hidup seperti ini. Penulisnya konyol, pembacanya konyol dan keduanya hidup di dunia yang konyol ! Yang penting bisa ketawa....^-^' He he he . . . Edan Tenan

Mengapa aku gak sugih-sugih ? tidak kaya-kaya ? Mengapa aku kerja matek-matekan tapi pancet ae soro ? sudah bekerja mati-matian tapi tetap saja sengsara? Itu pertanyaan klasik yang banyak anda temukan di internet sekaligus solusinya. Saya lain karena baru saja ketemu dengan orang kaya, hidupnya gak soro, mau apa saja bisa. Hari ini di Surabaya, kemaren di cirebon, besok sampai Sabtu di Bali, Minggu ke Surabaya lagi. Senin ke Bali, selasa ke Cina, Rabu ke Jepang, Kamis ke Surabaya lagi. Lalu ke jakarta mau ke Amerika bisa, mau ke Eropa juga bisa. Kira-kira pertanyaan apa yang muncul dalam hidupnya ? Mengapa aku bisa kaya ? Gitu tah ? Mengapa aku gak tau soro ? Ha...ha...ha...? Edan Tenan.

Apa tujuan hidup ini ? Loh....antik soro ya ? Ketika melarat kita bertanya mengapa aku sengsara terus ? Ketika kita sugih malah tanya yang gak penting-penting seperti tujuan hidup. Pertanyaan yang selalu kita hindari dalam ke-soro-an kita sehari-hari. Tujuan hidup itu gak penting mas bro, sing penting bagaimana bisa tetap makan hari ini, besok dan seterusnya. Sing juga penting, minggu depan wayahe bayar kartu kredit... cicilan motor, umah dll, yak apa carane ? Kerjo kok gawe bayar utang tok ? Males'e...he he he . . . Edan Tenan

Cara meraih kesuksesan dengan menggunakan talenta kita.
Dalam Manajemen Waktu Pribadi, saya menulis empat dimensi waktu :

1. Penting dan Mendesak
2. Penting dan Tidak Mendesak
3. Tidak Penting Namun Mendesak
4. Tidak Penting dan Tidak Mendesak.

Makan adalah Penting dan Mendesak. Bayar hutang itu Penting namun Tidak Mendesak. Lalu tujuan hidup itu masuk ke dimensi mana ? Tidak Penting dan Tidak Mendesak atau Penting namun Tidak Mendesak ? Jawaban anda akan menentukan jenis hidup yang anda jalani serta masa depan anda.

Sesuatu yang Penting dan Tidak Mendesak akan menjadi Penting dan Mendesak sesuai dengan berjalannya waktu. Bayar kartu kredit tidak akan mendesak jika masih jauh dari jatuh tempo-nya. Dan baru akan mendesak dan bikin stress jika kurang satu atau dua hari.  Demikian pula dengan tujuan hidup yang bagi saya adalah hal yang penting namun tidak mendesak. Jika saya tidak menyelesaikan masalah ini, maka suatu saat nanti saya terpaksa harus berhadapan dengan si tujuan hidup ini.

Parahnya, saya benar-benar tidak bisa meramalkan masa depan saya. Syukur-syukur kalo pertanyaan ini muncul setelah saya sugih. Nek munculnya waktu soro-sorone maka saya isa matek. Urip kok cek angel'e seh-seh. Kerja bertahun-tahun pancet ae gawe bayar utang tok ! Saya tidak suka hidup ditentukan oleh keadaan, karena itu saya memilih untuk menyelesaikan semua yang berbau penting, baik yang mendesak maupun yang tidak mendesak. Dan salah satunya adalah talenta.

Talenta saya adalah leadership, manajemen dan cepat menguasai sesuatu. Beberapa orang mengatakan saya memiliki talenta memotivasi (mosok seh ? Mantan pacarku ae ngguyu ngekel...gak percoyo blas...^-^')  Ada juga yang berkata kalo saya juga memiliki bakat menulis...wah banyak juga ya... Apa iya sih Lurr...? He he he . . . Edan Tenan

Saya tahu di bidang itulah saya memiliki keunggulan kompetitif. Saya dengan mudah memimpin orang, membuat sistem manajemen atau belajar tentang hal-hal yang baru. Selain itu, saya benar-benar menyukainya. I Just Born With That !  Tapi keyakinan mengenai talenta ini tidak saya dapatkan seperti petir di siang bolong. Gak ada simsalabim terus jadilah Wong Edan Bagu seperti sekarang ini. Tidak, talenta itu membutuhkan perjuangan dan disiplin.

Perjalanan menemukan talenta ini dinyatakan dengan jelas oleh Om Djaka Tolos , "Untuk menuju ke atas anda membutuhkan Talenta dan untuk mempertahankannya anda membutuhkan karakter."
Loh.... Berati... Talenta dan Karakter itu Sepasang kekasih yang tidak bisa di pisahkan seperti Romeo dan juliet to...hehe, ya iyalah.... masak iya-iya dong... Edan Tenan

Sewaktu  remaja saya tidak bisa mengatakan apa kelebihan saya, karena masa remaja saya, habis buat jadi gelandangan kota kecil di pulau sulawesi, demi mempertahankan hidup sebagai anak tersisih dan terusir, tapi  tahu benar kekurangan saya. Aneh ya ? Tapi saya yakin anda juga mengalami hal yang sama. Hal itu karena kebanyakan orang menilai diri kita berdasarkan kekurangan kita, jauh lebih banyak orang yang suka menyelatu tindakan dan sikap kita daripada memuji kelebihan kita. Karena itu kita cenderung mengetahui kelemahan daripada talenta kita. Jika anda memiliki kekuasaan untuk merubah kebiasaan jelek masyarakat ini maka ubahlah demi mewujudkan masa depan yang lebih baik.

Master Eskamto spd asal kebumen jateng yang kini dimas dan menetap di Brebes jateng, yang ajari saya membuka dan mematikan computer. Satu - satunya hal yang bisa saya lakukan waktu masih ganteng dulu, adalah tetap melakukan hal-hal yang tidak saya sukai, tapi tetap di suruh melakukannya. Dulu saya disuruh bikin komix anak-anak, padahal saya tidak bisa menulis, mendisain, proses cetak-mencetak dan edit foto. Saya mau dan belajar siang malam. Untungnya ada Kadhang, yaitu Master Eskamto spd, yang sekarang jadi bos sekolahan yang mengajari saya tentang seluk beluk computer, terutama cara menggunakan CorelDraw dan PhotoShop. Peristiwa ini melekat dan tidak dapat saya lupakan karena mengakibatkan IPK saya turun.

Waktu itu saya sempet menyesal karena gak bisa Kumlaut, cuman kurang 0,02 tok. Lapo ndisek soro-soro gawe comix anak-anak iki, gak dibayar pisan ! Namun sekarang sudut pandang saya berbeda, saya malah bersyukur karena telah belajar disain dan menulis. Itulah cikal bakal talenta menulis saya, namun butuh waktu bertahun-tahun. Kalo gak salah proses itu terjadi tahun 2000 lalu, awal milennium yang ngetren warna abu-abu.  Terus talenta tulis-menulis ini kembali lagi saya terjuni tahun 2008 melalui tekadnekadkudewe.com.... He he he . . . Edan Tenan

Setiap artikel yang saya buat di sini pasti ada tanggalnya karena website ini memang bertujuan untuk mendokumentasikan kehidupan saya. wongedanbagu.blogspot.com putraramasejati.wordpress.com adalah surat terbuka bagi siapa saja, syukur-syukur kalo bisa mewarnai kehidupan anda. Sungguh lebih berharga daripada kekayaan (bagi saya loh ya). Coba deh anda cari di sini tulisan pertama saya pasti anda akan terkejut...kosong, pendek dan gak karu-karuan bahasa serta disainnya. Itulah proses menemukan talenta ! Butuh perjuangan dan kedisiplinan.

Jika saat ini anda mengikuti tulisan saya sampai habis maka anda termasuk orang yang suka membaca karena artikel saya sekarang ini rata-rata 4 halaman ukuran A4 dengan font 10 pixel. Maka.... Selamat untuk anda !

TALENTA DAN TUJUAN HIDUP;
Ucapan almarhum bapak yang saya ingat dan jadikan pedoman adalah, "Gak mungkin lah nek orang itu soro terus. Pasti dia wes dikasih rejeki tapi gak digunakan dengan baik. Salahnya sendiri !" Saya yakin dengan perkataan ini dan sering melihat kebenarannya. Wayahe sugih, foya-foya. Wes melarat gak gelem soro. Disek sugih, saiki kere...ealah gengsinya ijek pancet !

Saya memiliki beberapa teman yang dulune gonta-ganti mobil. Dari BMW ke Land Curiser, dari Land Cruiser ke Mercedes, tiap tahun mesti ganti mobil. Padahal masih kuliah. Seiring berjalannya waktu mobilnya tambah jelek. Inova, Avanza, Xenia   dan sekarang  Honda Revo. Teman saya lainnya mantan bos besi yang sekarang jadi marketing asuransi (pekerjaan mulia).

Bapakmu sugih, iya bener ! Tapi seng sugih tetep bapakmu dul ! Kamu masih belum bisa menghasilkan uang buat gonta-ganti tiap tahun. Penghasilanmu itu gak bisa dibuat DP mobil ! Tapi, bersyukulah karena gak sampe kere-kere nemen.

Talenta menyanyi dan kesuksesan PSY;
Ada dua jenis pekerjaan yang saya ketahui yaitu pekerjaan dengan modal dan pekerjaan dengan keahlian. Anak orang kaya umumnya bekerja dengan modal karena itu langsung keleleran ketika orangtuanya bangkrut. Bekerja dengan modal itu gak perlu pinter nemen, tinggal perkecil untungnya dari pasaran wes mari ! Nek pasaran labanya 10 persen, ambilen margin 5% ae lak banter, biar lebih rame lagi, kamu ambil laba 3% ae atau jual harga pokok. Tidak perlu keahlian kok, pokok'e modalmu gede wes beres !

Yang lebih konyol lagi adalah orang pas-pasan yang meniru gaya hidup orang kaya. Wes bapak'e gak sugih males maneh, gak mau soro, gak isa diatur ambek gengsine duwuur. Orang sing kayak gini ini yang Masa Depannya Suram tapi gak sadar dan gak bisa disadarkan. Wong sing sugih koncomu ae kok SombSek (sombong sekali).

Masing - masing dari kita PASTI MEMILIKI TALENTA dan juga memiliki pilihan untuk mengembangkan atau melupakannya. Satu-satunya petunjuk adalah pekerjaan anda saat ini.

Apakah anda bekerja demi memenuhi kebutuhan hidup atau melakukan pekerjaan yang anda sukai ?  Tentunya pertanyaan ini juga berhubungan dengan usia dan faktor-faktor lainya. Yang baru lulus kuliah dapet kerja saja sudah senang setengah mati. Yang ikut orang 5 tahun cari kerjaan yang lebih besar bayarannya. Yang sudah menikah cari fasilitas dan gaji tinggi.

Anehnya, semakin besar gaji mereka semakin besar pula hutang kartu kreditnya. Anggap saja anda saat ini digaji 5 juta/bulan sementara biaya hidup anda 3 juta/bulan. Sisa gaji anda 2 juta/bulan, anggap saja dari dua juta itu anda sisihkan 1 juta/bulan untuk ditabung. Dan anda sudah bekerja selama 3 tahun. Jadi, setidak-tidaknya di tabungan anda ada 36 juta ! Coba cek angka di buku tabungan anda ! Ha...ha...ha....Bandingkan dengan tagihan kartu kredit anda juga, biar seru !

Dulunya anda memang bekerja menggunakan talenta anda tetapi sekarang sudah tidak lagi karena alasan klasik, supaya dapur tetap ngebul. Semakin lama kebutuhan hidup semakin mahal dan sudah menjadi kenyataan bahwa gaji kita tidak pernah bisa cukup. Kita memutar otak untuk mendapatkan tambahan penghasilan yang cepat. Apa yang bisa dijual ya kita jual, selama itu prospek maka sikat bleh ! Gak talenta-talenta'an, pokok'e dadi duit.

Cara menemukan bakat terpendam kita80% dari kita hidup dengan pola seperti ini. Tidak heran jika kondisi kita tidak berbeda dari 10 tahun lalu. Pancet sorone, pancet stress'e hanya sekarang ditambah anak satu dua biji. Anda bingung di mana salahnya ? Apakah hidup ini ya kayak gini ae tah ? Tidak !

Tujuan hidup kita adalah menikmati dunia yang diciptakan Tuhan ! Dia tidak pernah merencanakan masalah atau  kesengsaraan dalam hidup kita. Itu salah anda sendiri karena tidak menggunakan keunggulan kompetitif anda, investasi Ilahi yang ditanamkan ke dalam diri anda yang saya sebut sebagai TALENTA.

Talenta adalah sesuatu yang mengalir begitu saja dalam diri anda. Dengan bekerja sesuai talenta yang anda miliki hasilnya bisa jooos ! Sekalipun orang lain mencoba meniru cara kerja anda, dia tidak akan pernah se-efektif dan se-efisien anda karena faktor bakat alamiah ini. Pokok'e bidang ini anda lah rajanya ! Kesempatan anda untuk sukses jauh lebih besar daripada orang lain.

Saya SD saja tidak lulus, tapi pekerjaan saya saat ini disainer para musafir/pengembara... wahahahahahha... Edan pora? Awalnya memang rada-rada minder gitu. Bisa tah saya hidup di bidang ini ? Saingan saya buanyak sekali. Apakah saya bisa dipercaya orang dengan gelar Master Spiritual ini ? Aku memang suka disain Spiritual, tapi gak terlalu punya basic pemrograman dan juga gak Pernah sekolah Spiritual. Sampe stress aku ambil keputusan ini. Lah, nek gak jalan perutku makan apa ? Oh Tuhaan ! Kalo memang ini panggilan hidupku, teguhkanlah ! Kasih pertanda !

Tuhan itu ajaib, 6 bulan gak dapet kerjaan ! Matek koen ! Tapi saya tetap disiplin ! Lakukan hal-hal kecil sekalipun gak kelihatan hasilnya. Rejeki datang dari Tuhan ! Pokok'e kita lakukan bagian kita, sisanya serahkan ke Tuhan lurr ! Jangan pikir order, pikir bagaimana menghasilkan produk yang lebih berkualitas ! Tingkatkan terus kemampuan dan produk saja, harus lebih baik, lebih baik dan lebih baik !

Bekerjalah menggunakan talenta anda, karena di situ kesempatan meraih kesuksesan jauh lebih besar. Karena talenta memungkinkan anda menghasilkan produk yang jauh lebih baik, lebih sempurna, lebih lebih menyenangkan untuk dikerjakan dan lebih semuanya dibandingkan orang lain! Saya tahu, saya akan sukses ! Hanya masalah waktu saja.

KESIMPULAN:
Ketika anda bekerja menggunakan talenta berarti anda memanfaatkan kemampuan terbaik anda. Saya yakin Tuhan akan senang karena anda baru saja sadar kalau sebenarnya anda itu luar biasa bukan manusia !
INGAT YA LURR.... PESAN SAYA INI: Jika Talenta Illahi tidak anda gunakan maka Sang pemberi talenta akan mencabut talenta anda ! Kapok koen !

He he he . . . Edan Tenan... Salam Rahayu kanti Teguh Slamet Berkah Selalu ya Lurr.... Semoga Manfaat dan Berkah... Amiin.
Hormat Saya:
Wong Edan Bagu
Pengembara Tanah Pasundan

Tidak ada komentar: