Oleh: Wong Edan Bagu
Kudus tgl 05/08/2014
Di waktu yang lalu, saya sudah menyinggung sedikit
tentang IMAN. ISLAM. IHSAN, sekarang di kesempatan kali ini, saya ingin berbagi
pengalaman tentang hal tersebut, lebih rinci dan jelas lagi. Dengan Tema.
PERBEDAAN ANTARA SHALAT DAN SEMBAHYANG. Semoga pengalaman saya ini, bisa
bermanfa’at berkah bagi sekalian sahabat-sahabat saya, terutaman anak-anak
didik saya Terkasih, sebagai tambahan pemahaman di dalam pengalaman Spiritual
Hakikat Hidup.
PENGERTIAN SHALAT:
Shalat secara bahasa berarti berdo’a. dengan kata lain,
shalat secara bahasa mempunyai arti mengagungkan. Sedangkan pengertian shalat
menurut syara’ terlalu banyak, ada yang mengartikan, shalat itu adalah
ucapan-ucapan dan perbuatan-perbuatan tertentu, yang dimulai dengan takbiratul
ihram dan diakhiri dengan salam. Ada yang mengartikan, shalat itu adalah
bacaan-bacaan al-Qur’an, takbir, tasbih, dan do’a, ada yang mengartikan kalau
shalat itu merupakan rukun Islam kedua setelah syahadat. ADA YANG MENGARTIKAN
BAHWA SHALAT ITU ADALAH MENCEGAH PERBUATAN KEJI DAN MUNGKAR, ADA PULA YANG
MENGARTIKAN SEBAGAI : DOA, TIDAK KIKIR, SELALU BERSYUKUR, MENGHUBUNGKAN
(SILATURAHIM ), AGAMA, AMANAH, PERKATAAN YANG BERGUNA, MENJAGA KEMALUAN,
SHOLAWAT, BERBUAT BAIK DAN SEBAGAINYA. ISTILAH SHALAT DI DALAM AL-QUR’AN
SUNGGUH TERAMAT LUAS MAKNA DAN PENGERTIANNYA, KARENA “ KATA SHALAT “ MEMPUNYAI
KOSA KATA YANG SANGAT LUAS MAKNANYA JIKA DITINJAU DARI SEGI BAHASA ARAB MELAUI
NAHWU SOROF, BALAGHO, BAYAN, BADI’, MA’ANI DAN LAIN SEBAGAINYA. dan masih
banyak lagi Arti-arti DAN MAKNA-MAKNA lainya yang memusingkan kepaLa dan
membingungkan otak. Seperti banyaknya
hadist yang harus di percayai dan di benarkan, karena si empunya hadist adalah
orang-orang yang diyakini adalah pilihan Tuhan. Contoh hadis dari satu tokoh
dibawah ini:
“(Hasbi
Asy-Syidiqi, 59) mengartikan bahwa shalat itu merupakan berhadapannya hati
(jiwa) kepada Allah, dengan cara mendatangkan takut kepada-Nya serta
menumbuhkan di dalam jiwa kebesarannya
dan kesempurnaan kekuasaan-Nya” atau “mendahirkan hajat dan keperluan kepada Allah yang kita sembah dengan
perkataan dan pekerjaan atau dengan kedua – duanya”
Disisi lain (Hasbi Asy-Syidiqi) mengartikan lain lagi,
bahwa shalat yaitu beberapa ucapan dan perbuatan yang dimulai dengan takbir,
disudahi dengan salam, yang dengannya kita beribadah kepada Allah, menurut
syarat-syarat yang telah ditentukan. POKOKNYA.... pusing, karena saking
banyaknya hadist dan riwayat yang mengartikan tentang Shalat yang harus kita
akui kebenaranya walaupun semuanya berbeda-beda dalam mengartikannya.
Padahal INTInya sangat sederhana alias tidak sulit, tidak
rumit, tidak jlimet tidak repot, tidak muter-muter, tidak memusingkan lagi.
Karena makna dan arti Shalat itu. Adalah... INGAT ALLAH atau MENGINGAT ALLAH.
Tidak muter-muter memusingkan kepala kan...?
PENGERTIAN SEMBAHYANG:
Sembahyang adalah suatu bentuk kegiatan keagamaan yang
menghendaki terjalinnya hubungan dengan Tuhan, dewa, roh atau kekuatan gaib
yang dipuja, dengan melakukan kegiatan yang disengaja. Sembahyang dapat
dilakukan secara bersama-sama atau perseorangan. Dalam beberapa tradisi agama,
sembahyang dapat melibatkan nyanyian berupa hymne, tarian, pembacaan doa atau
puji-pujian dan naskah agama dengan dinyanyikan atau disenandungkan,
pernyata’an formal kredo, atau ucapan spontan dari orang yang berdoa.
Seringkali sembahyang dibedakan dengan doa, doa lebih
bersifat spontan dan personal, serta umumnya tidak bersifat ritualistik.
Meskipun demikian pada hakikatnya aktivitas ini sama, yakni sebuah bentuk
komunikasi antara manusia dengan Tuhannya. Kebanyakan agama menggunakan salah
satu cara dalam melaksanakan ritual persembahyangannya. Beberapa agama
meritualkan kegiatan ini dengan menerapkan berbagai aturan seperti waktu, tata
cara, dan urutan sembahyang. Ada juga yang menerapkan aturan ketat mengenai apa
saja yang harus disediakan, misalnya benda persembahan atau sesaji, pakaian dan
tempat serta kapan ritual itu harus dilakukan. Sementara beberapa pandangan
lainnya memandang berdoa atau bersembahyang dapat dilakukan kapan saja, oleh
siapa saja.
JELASNYA TENTANG PERBEDA’AN ANATAR SHALAT DAN SEMBAHYANG
ADALAH:
Kalau SHALAT itu,
INGAT ALLAH atau MENGINGAT ALLAH. Sedangkan SEMBAHYANG itu, salah satu aturannya
atau caranya INGAT ALLAH atau MENGINGAT ALLAH.
KALAU SHALAT tidak pakai waktu dan aturan, karena di
lakukan seiring keluar masuknya napas selama 24 jam. SEDANGKAN SEMBAYANG harus
tepat waktu dan aturan yang sudah di
tentukan oleh masing-masing agama.
KALAU SHALAT bisa
di lakukan dalam keada’an apapun dan dimanapun. SEDANGKAN SEMBAYANG harus di
lakukan di tempat-tempat tertentu dan dengan waktu-waktu tertentu.
KALAU SHALAT lebih mengutamakan suara hati, bahasa hati dan
tidak mengharuskan raga. SEDANGKAN SEMBAYANG lebih mengutamakan suara lisan dan
gerakan raga.
SEMBAHYANG ADALAH GERAKAN TAPI SHALAT ADALAH PERILAKU ….
Saya Ulangi sekali lagi; Kalau SHALAT itu, INGAT ALLAH atau MENGINGAT ALLAH.
Sedangkan SEMBAHYANG itu, salah satu aturannya atau caranya INGAT ALLAH atau
MENGINGAT ALLAH.
He he he . . . Edan Tenan.
LANJUT PUNYA CERITA:
Sekarang saya ingin mengungkap INTISARI dari Keduanya
itu;
HAMPIR SEMUA UMAT MUSLIM MENGETAHUI BAHWA SHALAT ITU
MENCEGAH PERBUATAN KEJI DAN MUNGKAR ( INNASSHOLTA TANHA ANIL FAHSYAI WAL MUNKAR
)
TAPI PADA KENYATAANNYA HAMPIR DISETIAP LORONG YANG saya
JUMPAI, JUSTRU SEBALIKNYA, YAITU : YANG SHALAT MALAH MENGAJAK MANUSIA UNTUK
BERBUAT KEJI DAN MUNGKAR…TERUTAMA KAUM HAWA ( KHUSUSNYA IBU IBU ) YANG SAMPAI
SAAT INI MASIH SAJA MEMANFAATKAN MEDIA NGERUMPI DAN GHOSIB UNTUK MENJADI AJANG
PERTEMUAN YANG HANGAT DAN SALING JOR JORAN UNTUK MEMBUKA AIB ORANG LAIN DENGAN
PENUH KEAKRABAN. KELOMPOK WANITA YANG SATU MENG OLOK OLOK SEKELOMPOK WANITA
YANG LAIN…DEMIKIAN PULA LELAKI YANG SATU MENGOLOK OLOK KELOMPOK LAKI LAKI YANG
LAIN…DAN SETERUSNYA .
DAN BAHKAN YANG LEBIH PARAH LAGI. SEKELOMPOK LAKI-LAKI
YANG SATU MENGAJAK BEBERAPA KELOMPOK LAKI LAKI YANG LAIN UNTUK MENFITNAH.
MENCEMOH. MENGHINA BAHKAN MEMBUNUH, DAN MEMBINASAKAN ORANG2 YANG TAK BERDOSA
LAINNYA...
BEGITULAH PEMAHAMAN SHALAT YANG AYAT DAN DALILNYA ADALAH MENCEGAH
PERBUATAN KEJI DAN MUNGKAR ITU DIPERKOSA OLEH PARA BADUT - BADUT YANG MERASA SHALAT 5 WAKTUNYA
ADALAH TIKET EXCUTIV UNTUK MASUK SURGA, PADAHAL PERBUATAN DIA SANGAT TIDAK SESUAI ( BERTENTANGAN ) DENGAN KEMAUAN ALLAH YANG
TERCANTUM DI ALQURAN BAHWA YANG DISEBUT SHALAT ITU ADALAH MENCEGAH PERBUATAN
KEJI DAN MUNGKAR.
029:045 “Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu,
yaitu Al Kitab (Al Qur'an) dan dirikanlah salat. Sesungguhnya salat itu
mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan mungkar. Dan sesungguhnya
mengingat Allah adalah lebih utama. Dan Allah mengetahui apa yang kamu
kerjakan”
049:011 “Hai orang-orang yang beriman, janganlah
sekumpulan orang laki-laki merendahkan kumpulan yang lain, boleh jadi yang
ditertawakan itu lebih baik dari mereka. Dan jangan pula sekumpulan perempuan
merendahkan kumpulan lainnya, boleh jadi yang direndahkan itu lebih baik. Dan
janganlah suka mencela dirimu sendiri”
[1410] dan jangan
memanggil dengan gelaran yang mengandung ejekan. Seburuk-buruk panggilan adalah
(panggilan) yang buruk sesudah iman
[1411] dan barangsiapa yang tidak bertobat, maka mereka
itulah orang-orang yang zalim.
049:012 “Hai orang-orang yang beriman, jauhilah
kebanyakan dari prasangka, sesungguhnya sebagian prasangka itu adalah dosa dan
janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain dan janganlah sebagian kamu
menggunjing sebagian yang lain. Sukakah salah seorang di antara kamu memakan
daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya.
Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima tobat lagi Maha
Penyayang”
YANG SAYA HERANKAN.... KENAPA TOKOH TOKOH AGAMA TIDAK
PERNAH BERUSAHA UNTUK MENCARI DEVINISI SHALAT YANG SEBENARNYA MELALUI PEDOMAN
HIDUP ( AL-QURAN ) YANG TELAH ALLAH WAHYUKAN KEPADA PARA NABI. MENGAPA
SHALAT 5 WAKTU YANG JELAS-JELAS MASIH
MENGGUNJING, BERPRASANGKA BURUK, DAN BAHKAN MEMBUNUH SECARA KEJI DAN BIADAB ITU
MASIH DIANGGAB SHALAT YANG KATANYA DILAKSANAKAN OLEH PARA NABI ITU.
BUKANKAH MASIH ADA PENGERTIAN DAN MAKSUD YANG LAIN
TENTANG SHALAT ITU. DISAMPING HANYA SEKEDAR TUNGKAT-TUNGKIT.
JENGKANG-JENGKING TETAPI TERNYATA MASIH
KEJI DAN MUNGKAR ITU ??
JANGAN- JANGAN PARA NABI DALAM MENGAJARKAN SHALAT ITU
TIDAK SEPERTI PENGAJARAN NENEK MOYANG KITA YANG TIDAK DAPAT PETUNJUK DAN
TERSERET KE NERAKA OLEH IBLIS SYAITAN YANG TERKUTUK ITU...??!
ATAU BARANG KALI SEMUA INI TERJADI OLEH AKIBAT UMAT YANG
MINIM PENGETAHUAN DAN HANYA MENGIKUTI KATANYA PARA PENDAHULU TANPA MENGETAHUI
SUMBER YANG ASLINYA...??!
He he he . . .
Edan Tenan. Piye Lurr...!!!
017:036 “Janganlah sekali-kali kamu mengikuti apa yang
kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran,
penglihatan dan hatimu, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya”
ATAU BARANG KALI TIDAK HANYA MENGIKUTI KATANYA SAJA. YANG
MENJADIKAN KEBANYAKAN DARI KITA TERSESAT
DAN TULI TERHADAP PENGERTIAN SHALAT YANG SEBENARNYA, JANGAN - JANGAN BANYAKNYA BUKU IMPORT DAN OKNUM YANG
MEMUTAR-MUTAR LIDAHNYA ITU, JUGA MENJADI ANDIL KESALAH PAHAMAN SAUDARA-SAUDARI KITA SECARA TURUN TEMURUN SAMPAI KINI HINGGA
YANG AKAN DATANG …? Waduh... payah tur parah kie...
TENTU AKAL DAN LOGIKA YANG BERDASARKAN AL-QUR’AN LAH YANG
DAPAT MENYELAMATKAN UMAT ISLAM YANG SA’AT INI SEDANG DIRUDUNG PERSOALAN BESAR
DI TENGAH MASYARAKAT YANG KEBANYAKAN MELAKSANAKAN SHALAT 5 WAKTU NAMUN TIDAK
DAPAT MENCEGAH KEJI DAN MUNGKAR ITU. CUMA YANG JADI MASALAH... MEREKA MALU DAN
GENGSI TIDAK UNTUK MEMBUKAN AL-QUR’AN DAN MEMPELAJARINYA DARI AWAL LAGI...? AL-QUR’AN
DAN AKAL YANG DIBERI RAHMATLAH YANG MAMPU MENYELAMATKAN ANAK CUCU ADAM YANG
TELAH LAMA TERSESAT DARI KATANYA DAN MEMBACA BUKU-BUKU YANG DIKARANG OLEH MANUSIA
MANUSIA YANG TIDAK BERPEMBUTIAN DAN YANG TIDAK PULA MENDAPAT PETUNJUK ( HIDAYAH
) LANTARAN TIDAK PERNAH LAKU KETUHANAN SENDIRI… TAUNYA KULAK JARE ADOL NDEAN TERUS
DI BUKUKAN LALU DI SYI’ARKAN... WELEH-WELEH... JAN UEEEEDAN TENAN.
MAKSUD DAN TUJUAN ALLAH MENJADIKAN DAN MENURUNKAN AL-QUR’AN
DENGAN BERBAHASA ARAB. ITU HANYA DAPAT DIBUKTIKAN OLEH SESEORANG, KETIKA ORANG
ITU MENGALAMI DISTORSI TERHADAP SEBUAH ISTILAH YANG BERTENTANGAN DENGAN NALURI
KEBANYAKAN ORANG PADA SAAT TERTENTU DAN DI TEMPAT-TEMPAT TERTENTU… KARENA ITU
ALLAH MENYERUKAN AGAR AL-QUR’AN YANG BERBAHASA ARAB ITU. TIDAK HANYA SEKEDAR
DIBACA SAJA, NAMUN LEBIH TAJAM LAGI HENDAKNYA DAPAT DIPAHAMI DAN DAPAT
DILAKSANAKAN HUKUM-HUKUMNYA ..
PERSOALAN PEMAHAMAN INILAH YANG DAPAT MENYEBABKAN
PERBEDAAN SUDUT PANDANG DI KALANGAN AKAR RUMPUT YANG MEMBUAHKAN PERSELISIHAN
ANTAR KELOMPOK TURUN TEMURUN HINGGA SEKARANG INI. PERBEDAAN ANTARA SHALAT DAN
SEMBAHYANG SAJA SAMPAI SAAT INI MEMPUNYAI TINGKAT KEBUNTUAN YANG SULIT UNTUK
DIMENGERTI. ADA YANG MENGATAKAN SHALAT DAN SEMBAHYANG ITU SAMA, ADA YANG
MENGATAKAN SHALAT ITU BAHASA ARAB (
KHUSUS UNTUK ORANG ISLAM ), SEDANGKAN
SEMBAHYANG ADALAH SHALATNYA ORANG DILUAR ISLAM, BAHKAN ADALAGI YANG MENGATAKAN
BAHWA SHALAT ITU ADALAH SEMUA PERBUATAN BAIK.
BAGI UMAT ISLAM SEMBAHYANG ITU WAJIB HUKUMNYA AGAR
MANUSIA TETAP INGAT UNTUK TIDAK MELAKUKAN PERBUATAN KEJI DAN MUNGKAR, AGAR
TETAP INGAT UNTUK TIDAK PELIT, AGAR TETAP INGAT UNTUK TIDAK MENGGUNJING, AGAR
TETAP INGAT UNTUK SELALU BERBUAT BAIK DAN BERMANFAAT BAGI MANUSIA. SEMBAHYANG
BAGI UMAT ISLAM MERUPAKAN REMAINING SISTEM YANG SELALU BERBUNYI DALAM SEHARI 5
KALI,
SEMBAHYANG ADALAH SHALAT YANG DIATUR WAKTUNYA
SEMBAHYANG ADALAH ALAT MENUJU SHALAT
SEMBAHYANG ADALAH CARA MENGINGAT ALLAH DI WAKTU WAKTU
TERTENTU, DI TEMPAT TEMPAT TERTENTU, DAN MEMPUNYAI SYARAT SYARAT TERTENTU,
TAPI SHALAT ADALAH MELAKSANKAN PERINTAH YANG DISUKAI DAN
DIRIDHAI ALLAH DISETIAP SAAT TANPA MENGENAL WAKTU DAN TEMPAT ( TERMASUK
MELAKSANAKAN SEMBAHYANG ITU SENDIRI ), MAKA SEMBAHYANG PUN BISA DIARTIKAN
SEBAGAI SHALAT JIKA DI JALANKAN DENGAN
KHUSU’ KARENA SEMBAHYANG SEBAGIAN KECIL DARI PADA SHALAT, AKAN TETAPI
SHALAT BELUM TENTU SEMBAHYANG…BISA BERSEDEKAH, BISA BERBUAT BAIK, BISA
SILATURAHIM, BISA MENCARI NAFKAH, BISA BERDZIKIR, BISA BERSAMADI ATAU BERMEDITA
DAN LAIN SEBAGAINYA.
WAHAI SAHABAT DAN SAUDARA-SAUDARI KUSUSNYA ANAK-ANAK
DIDIKKU…MARI KITA PAHAMI SHALAT KITA….DAN MARI KITA PAHAMI SEMBAHYANG
KITA….JANGANLAH SEMBAHYANG KITA DIANGGAB OLEH ALLAH SEBAGAI SIULAN DAN TEPUK
TANGAN BELAKA. YANG MENYEBABKAN AZAB BESERTA KITA…. YAITU SEMBAHYANG YANG TIDAK
TAHU APA APA….SEMBAHYANG YANG HANYA IKUT-IKUTAN
KATANYA…
MASIH BANYAK ORANG SEMBAHYANG YANG MELAMUN KEMANA
-MANA….MEREKA MENGATAKAN MENGHADAP ALLAH YANG SELALU DIUCAPKAN DALAM DOA
IFTITAH, YAITU : IINI WAJJAHTU WAJHIYA LILLADHI FATOROS SAMAWATI WAL ARDHO )
SESUNGGUHNYA KU HADAPKAN WAJAHKU KEPADA TUHAN PENCIPTA LANGIT DAN BUMI…TAPI
KENYATAANNYA DI HATI KITA MASIH MENGHADAP SESUATU YANG BUKAN ALLAH, PADAHAL
MEREKA MENGUCAPKAN HUSOLLI SEBELUM TAKBIR… YAITU HUSOLLI FARDHOL MAGHRIBI
SALASA ROKAATIM MUSTAKBILAL KIBLATI….HUSALLI YANG DIUCAPKAN ADALAH MUSTAKBILAL
KIBLATI TETAPI DISAAT YANG SAMA KITA SEDANG MENGHADAP KA’BAH….KENAPA TIDAK
DIGANTI DENGAN MUSTAKBILAL KA’BAITI…
AWALNYA SAYAPUN INGIN MENDAPAT PENJELASAN YANG SEBENAR
BENARNYA MELALUI AL-QUR’AN, APA BEDANYA KIBLAT DENGAN KA’BAH…..? LALU APA PULA
BEDANYA ALLAH, KIBLAT DAN KA’BAH…? PADAHAL YANG KITA UCAPKAN DI DOA IFTITAH
ADALAH ALLAH… YANG KITA UCAPKAN DI AYAT INI, BAHWA KITA MENGHADAPKAN DIRI KITA
KEPADA TUHAN PENCIPTA LANGIT DAN BUMI DENGAN TIDAK MEMPERSEKUTUKAN NYA…. TAPI
NIAT UCAPAN KITA DI AWAL SEBELUM TAKBIR MENGATAKAN MENGHADAPKAN DIRI KITA KE
KIBLAT….SEMENTARA KENYATAAN ASLINYA KITA MENGHADAP KE BARAT ATAU KE ARAH
KA’BAH…. SEMENTARA LAGI ALLAH BERFIRMAN BAHWA APA YANG KAMU SEMBAH SELAIN ALLAH
ITU ADALAH BERHALA DAN MEMBUAT KAMU DUSTA…
LALU PERTANYAANNYA ADALAH : APA BEDANYA ALLAH DENGAN
KIBLAT… APA BEDANYA KIBLAT DENGAN KA’BAH…DAN APA BEDANYA ALLAH, KIBLAT, KA’BAH
DAN BERHALA….?
INILAH YANG MENJADI PERTANYAAN SAYA SELAMA LAKU
SPIRITUAL…?
DAN ALHAMDULILLAH SAYA BERHASIL MENDAPAT JAWABAN DARI
WAHYU PANCA GA’IB (KUNCI), BAHWA SEMBAHYANG ITU HARUS BERDASARKAN WAHYU….BUKAN
BERDASARKAN KITAB KITAB SELAIN WAHYU…
TERNYATA SEMBAHYANG ITU HARUS DIBIMBING WAHYU….OLEH
KARENA ITU SAYA SELALU BERUSAHA BERSAMA KUNCI
DI SETIAP SEMBAHYANG SAYA. AGAR SELALU BENAR-BENAR
NYAMBUNG DENGAN ALLAH DAN MENGURANGI BAYANG BAYANG KESYIRIKAN AGAR SUPAYA DAPAT MERASAKAN KHUSYU’ NYA
TAKHIATAL MASJID….SUBUH…DHUHUR…ASHAR…MAGRIB DAN ISYA’ TANPA
MEMPERSEKUTUKAN ALLAH….LHA ILA HA
ILLALLAH…..
ASSHADU ALLA ILA HAILLALLAH, WA ASSHADU ANNA MUHAMMADAR
ROSULULLAH… JIKA TIDAK. SAYA HANYA AKAN
SHALAT SAJA. TIDAK AKAN SEMBAHYANG. MAKA... JANGAN HERAN JIKA BERSAMA DENGAN
SAYA. MELIHAT SAYA TIDAK SEMBAHYANG. KARENA SAYA HANYA MAU SEMBAHYANG KETIKA
BERSAMA KUNCI. JIKA TIDAK, SAYA MERASA RUGI DALAM SEMBAHYANG. UNTUK APA SAYA
JENGANG JENGKING SEMBAYANG, JIKA TIDAK BISA NYAMBUNG DENGAN TUHAN.... BAGI SAYA, SEMBAHYANG. HUKUMNYA HARUS DAN
WAJIB NYAMBUNG/BERTEMU DENGAN TUHAN.
SAHABAT DAN SAUDARA-SAUDARI SEKALIAN. KUSUSNYA ANAK-ANAK DIDIK
SAYA…. APAPUN YANG SAYA TULIS/WEDARKAN INI. MASIH BERUPA KONSEP…. JADI. JANGAN LANGSUNG DI
CERNA. IBARATNYA MAKANAN, JANGAN LANGSUNG DI MAKAN/DI EMPLOK... HARAN DAN MOHON
DIKOREKSI DAN DI RENUNGKAN SEBAIK MUNGKIN. AGAR TAMBAH MENJADI YANG TERBAIK BUAT
KITA SEMUANYA… AMIIN
SALAM RAHAYU KANTI TEGUH SELAMAT BERKAH SELALU.
Ttd: Wong Edan Bagu
Putra Rama Tanah Pasundan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar